November 30, 2021
5 Efek Minum Kopi Berlebihan pada Ibu Hamil

5 Efek Minum Kopi Berlebihan pada Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil minum kopi? Pertanyaan ini seringkali diajukan oleh para ibu hamil yang memang menyukai kopi. Sebenarnya boleh-boleh saja bagi ibu hamil untuk minum kopi. Namun, aturan konsumsi kopi ketika hamil ini harus benar-benar dipahami karena ada efek buruk yang bisa terjadi jika ibu hamil meminum kopi secara berlebihan.

Efek Minum Kopi

Sebelum memutuskan untuk minum kopi saat hamil, sang ibu wajib berkonsultasi dulu dengan dokter. Selain itu, dosis kopi juga harus dibatasi 1 cangkir saja per hari. Berikut ini beberapa jenis dampak buruk yang akan terjadi jika ibu hamil mengonsumsi kopi secara berlebihan:

1.                 Peningkatan Asam Lambung

Konsumsi kopi dalam jumlah berlebih apalagi dilakukan sebelum makan bisa memicu meningkatnya asam lambung. Jika asam lambung meningkat maka akan terjadi gangguan pencernaan yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman. Selain itu, peningkatan asam lambung ini juga bisa memicu terjadinya kontraksi palsu apalagi jika konsumsi kopi dilakukan pada saat trimester kedua dan ketiga.

2.                 Penurunan Kesehatan Plasenta

Konsumsi kopi dalam dosis berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan plasenta Anda. Kandungan kafein dalam kopi ternyata bisa melewati plasenta. Jika konsumsi kopi dilakukan secara berlebihan maka akan ada lebih banyak kafein yang akan mengalir ke janin lewat plasenta. Kondisi ini bisa menyebabkan keselamatan janin terancam karena tubuh janin belum bisa melakukan metabolisme kafein.

3.                 Gangguan Kecemasan dan Insomnia

Konsumsi kopi berlebihan selama hamil juga akan memicu terjadinya gangguan kecemasan dan insomnia. Tentunya hal ini tidak baik bagi wanita yang sedang mengandung. Kecemasan dan insomnia akan membuat ibu hamil sulit beristirahat. Padahal ibu hamil sangat dianjurkan untuk mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas. Terutama di waktu trimester pertama dan ketiga menjelang masa persalinan.

4.                 Risiko Berat Badan Lahir Rendah

Bolehkah ibu hamil minum kopi? Sebenarnya sah-sah saja jika dosisnya tepat. Namun ketika konsumsi kopi ternyata berlebihan atau terlalu banyak maka dapat memberikan efek buruk bagi tubuh si bayi. Ibu yang minum kopi terlalu banyak ketika hamil berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah dan bisa mengancam kesehatan si bayi saat bertumbuh nanti.

5.                 Risiko Bayi Lahir Cacat

Efek lainnya yang mungkin terjadi ketika ibu hamil minum terlalu banyak kopi adalah muncul risiko bayi lahir cacat. Janin membutuhkan asupan nutrisi lengkap agar organ tubuhnya bisa berkembang sempurna di dalam rahim. Namun ketika kafein yang masuk ke tubuh janin terlalu banyak maka pembentukan organ tersebut tidak akan berjalan sempurna dan akhirnya menyebabkan kecacatan.

Itulah beberapa efek buruk yang bisa terjadi jika ibu hamil terlalu sering minum kopi. Lalu, bolehkah ibu hamil minum kopi? Silakan minum kopi, selama dosisnya tepat dan tidak berlebihan. Selain itu disarankan untuk mulai minum kopi di trimester kedua saja. Hindari minum kopi di trimester 1 karena masa ini merupakan masa yang cukup rawan bagi janin.