July 25, 2021
5 Tips Dasar Mengelola Toko Online untuk Pemula

5 Tips Dasar Mengelola Toko Online untuk Pemula

Saat memulai bisnis menjual barang atau jasa di Internet, ada baiknya untuk mengetahui aspek mana yang harus lebih diperhatikan, dan mana yang harus dianggap kurang penting dan tidak berdampak besar pada tingkat penjualan dan loyalitas pelanggan.

Di bawah ini adalah poin dasar, yang dalam satu atau lain cara harus diperhatikan oleh sebagian besar pemilik toko online, dengan mempertimbangkan spesifikasi produk yang dijual dan parameter individual lainnya yang bisa anda jadikan sebagai bahan rancangan dan evaluasi.

Rancangan

Sebagian besar orang membuka toko online hal yang paling utama dilakukan adalah pemilihan desain, kemudian tentu saja dalam masalah pengembangan situs dengan mengeluarkan anggaran yang mungkin saja tidak sedikit.

Dimana dari sisi desain memang ada baiknya yang menarik, kemudian ringan dan tentu saja tampilan haruslah profesional mulai dari halaman situs sampai dengan desain katalog online produk yang anda jual.

Jika tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penjualan pertama di Internet, kecualikan desain dari daftar tugas prioritas dan tunda masalah ini sampai saat tingkat penjualan memungkinkan pengalokasian dana untuk pengembangan desain.

Bukan desain yang menjual produk anda! Ini harus anda pahami, sebagus apapun desain kalau produk anda tidak diketahui orang atau tidak dibutuhkan bahkan tidak ada proses pemasaran maka tidak akan laku.

Dan sebaliknya, sejelak apapun desain website anda dan produk anda bagus maka akan tetap laku. Maka sederhananya adalah jangan terlalu fokus dengan desain sebelum anda memastikan produk anda diterima di pasar.

Keterbukaan terhadap pembeli

Banyak calon wirausahawan tidak memposting informasi kontak mereka di toko online (sengaja atau lupa melakukannya). Ini adalah sebuah kesalahan. Dimana yang namanya toko online anda harus bisa meyakinkan calon pembeli bahwa anda sedang aktif, kemudian lokasi anda dimana, nomer yang bisa dikontak yang mana dan lain sebagainya sehingga mereka memiliki trust kepada anda.

Pengunjung harus yakin bahwa dia dapat menghubungi operator toko online setidaknya melalui email, jika perlu. Disarankan untuk menentukan koordinat lain selain alamat email seperti: nomor telepon (termasuk ponsel), alamat perusahaan yang sebenarnya, akun media sosial, dll.

Mengirimkan informasi kontak jarang menghasilkan pertanyaan pelanggan yang sangat banyak. Namun, ini meningkatkan kepercayaan dan keyakinan klien bahwa dia berurusan dengan orang sungguhan yang dapat dihubungi saat dibutuhkan.

Kemudahan pembayaran

Kemudian anda harus memiliki model pembayaran yang paling simple dan memudahkan bagi klien anda. Misalkan menggunakan beberapa model pembayaran transfer bank. Sehingga pembeli yang memiliki rekning hanya satu bisa memilih dan mereka akan tidak menambah biaya admin transfer beda bank lagi.

Respon cepat

Bayangkan seorang pelanggan yang telah memesan di toko online tetapi tidak menerima tanggapan tentang status pesanan mereka saat itu juga. Maka kami sarankan kepada anda, dari sisi respon usahakan tercepat ya karena pembeli memiliki typical tidak mau menunggu.

Minimal anda kabari, kalau anda sudah menerima detail pesanan mereka, kemudian akan dikirim kapan dan minta mereka bersabar dalam mengikuti rules dari perusahaan anda.

Masalah harga

Harga murah bukanlah faktor utama yang mendorong calon pembeli untuk melakukan pemesanan di toko online. Faktor utama adalah keyakinan pembeli bahwa ia akan menerima barang yang dijelaskan di situs tepat waktu, aman dan tanpa lecet, dan secepat mungkin.

Kemudian yang terakhir mungkin suatu saat anda juga harus butuh cara promosi dengan menggunakan priklanan dan ini akan kita bahas dilain kesempatan.