July 24, 2021
Bukan Hanya Tubuh Anak, Mainannya Juga Perlu Dibersihkan dengan 5 Cara ini

Bukan Hanya Tubuh Anak, Mainannya Juga Perlu Dibersihkan dengan 5 Cara ini

Bermain merupakan dunia anak kecil. Bermain menggunakan mainan seperti boneka, mobil-mobilan, atau berbagai mainan lainnya menjadi kegiatan yang mampu menyenangkan anak. Untuk mendukung kegiatan ini Anda membutuhkan mainan yang bersih agar aman digunakan anak. Memanfaatkan diskon Dettol, Anda akan memiliki produk untuk membersihkan mainan si kecil.

Terkadang, kebersihan mainan ini kurang diperhatikan. Hanya diletakkan di dalam box setelah selesai digunakan kemudian dikeluarkan kembali saat dibutuhkan. Padahal apabila mainan hanya dibiarkan seperti itu bisa terkena kuman dan menyebabkan penyakit ketika anak memainkannya.

Cara Jaga Kebersihan Mainan Anak

Mainan yang ditaruh di udara terbuka akan mudah dihinggapi bakteri. Penggunaan mainan yang tidak dibersihkan ini akan berisiko pada kesehatan anak, apalagi jika anak bermain sambil makan. Agar anak terhindar dari risiko memainkan mainan kotor, Anda dapat lakukan hal berikut ini:

1.     Bersihkan Mainan Sebelum Digunakan

Sebaiknya, setelah mainan digunakan langsung dibersihkan. Bahkan jika mainan telah lama tidak digunakan harus segera dibersihkan dari debu dan kotoran. Anda dapat menggunakan lap yang sudah diberi cairan pembersih atau merendam mainan dengan sabun. Disesuaikan saja dengan bahan material mainan.

2.     Bersihkan Mainan Sesuai dengan Petunjuk Pemakaian

Menggunakan mainan harus sesuai dengan petunjuk pemakaiannya, misalnya masalah usia penggunaan mainan. Begitu pula dengan cara membersihkannya, ada petunjuk bagaimana cara mencuci atau membersihkan mainan tersebut di kardus mainannya.

Mainan berbahan keras seperti kayu dan plastik, harus direndam dan dicuci menggunakan air panas yang diberi sabun. Pencucian menggunakan sabun yang benar-benar berfungsi menghilangkan kuman, seperti Dettol. Diskon Dettol akan memberikan produk untuk membersihkan kuman dengan harga terjangkau.

3.     Mainan Air Harus Dikeringkan Setelah Digunakan

Saat mandi seringkali orangtua juga memberikan mainan kepada anak agar menjadikan kegiatan mandi menyenangkan dan membuat anak tidak rewel. Setelah anak selesai mandi, mainan ini harus segera dibilas dengan air bersih, lalu dikeringkan dan disimpan agar siap dipakai kembali.

4.     Mainan Berbahan Lembut Harus Sering Dicuci

Mainan berbahan lembut menjadi pilihan orangtua untuk anak agar ketika si kecil memasukkan mainan tersebut ke dalam mulut tidak akan menyakiti rongga mulutnya. Mainan berbahan halus atau lunak ini harus sering dicuci dan segera dikeringkan karena paling sering digunakan si kecil melatih giginya.

5.     Mainan Mekanis dan Listrik Jangan Dibersihkan Sembarangan

Mobil-mobilan yang dijalankan dengan baterai atau kotak musik yang digerakkan oleh perangkat mekanis merupakan jenis mainan yang tidak bisa dicuci. Jika dicuci mainan ini akan rusak. Jadi, untuk membersihkannya cukup menggunakan lap dan cairan desinfektan.

Memilih mainan anak harus sesuai usianya sehingga tidak boleh sembarangan. Dalam urusan kebersihannya juga demikian, Anda harus menjaga kebersihan mainan agar si kecil tidak mudah terkena kuman yang akan menjadi penyakit.

Memperbanyak pengetahuan mengenai cara memilih dan merawat mainan anak lewat artikel parenting akan membantu Anda memahami lebih baik akan kebutuhan anak. Selain itu, dapatkan juga informasi mengenai diskon Dettol sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan si kecil dengan biaya lebih murah.