April 18, 2021
Cara Mengatasi Hipertensi dalam Kehamilan Dengan Mudah

Cara Mengatasi Hipertensi dalam Kehamilan Dengan Mudah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil memang sering kali terjadi. Hipertensi dalam kehamilan memang tidak boleh anda sepelekan begitu saja. Hal ini bukan tanpa alasan karena apabila kondisi ini tidak mendapatkan penanganan cepat maka akan menimbulkan risiko penyakit lainnya yang lebih serius seperti adanya masalah dalam persalinan.

Hipertensi yang terjadi pada saat kehamilan memang seringkali menyerang. Tidak sedikit dari ibu hamil yang membiarkan hipertensi terjadi begitu saja tanpa memberikan penanganan khusus. Padahal sebenarnya melakukan pemeriksaan kepada dokter ketika darah tinggi saat hamil memang menjadi hal yang cukup penting untuk memperoleh penanganan lebih dini.

Cara menurunkan hipertensi dalam kehamilan

Untuk para ibu hamil yang ingin menurunkan tekanan darah agar tidak tinggi, terdapat beberapa cara untuk menurunkannya dengan mudah. Berikut beberapa cara mengatasi hipertensi dalam kehamilan dengan mudah.

  1. Perhatikan pola makanan dahulu

Hal paling utama agar tekanan darah tidak tinggi adalah dengan memperhatikan pola makanan terlebih dahulu saat hamil. Pemilihan menu makanan yang tepat juga menjadi hal yang cukup penting. Sebaiknya, anda memilih untuk mengkonsumsi makanan dengan asam lemak esensial, magnesium, kalsium, dan vitamin D yang cukup.

Kandungan diatas ternyata sangat baik untuk menjaga tekanan darah moms agar tetap stabil. Selain itu, sebaiknya, moms juga dapat menghindari makanan dengan kandungan garam berlebihan maupun makanan dengan kandungan gula tinggi.

  1. Perhatikan gejala yang tidak biasanya

Ketika hamil, sebaiknya anda juga lebih peka terhadap kondisi tubuh anda terutama ketika tengah hipertensi. Misalnya saja, anda dapat menghindari stress berlebihan dan jangan lupa selalu memberikan batasan aktivitas.

Selain itu, jangan sampai lupa untuk menyediakan waktu buat beristirahat sejenak. Jangan sampai memaksakan diri buat melakukan banyak aktivitas berlebihan.

  1. Jangan sampai lupa olahraga

Berolahraga memang menjadi salah satu aktivitas fisik yang dapat dilakukan untuk mengatasi hipertensi dalam kehamilan. Ini juga sebagai upaya buat menjaga kelancaran aliran darah yang terdapat pada tubuh. Perlu diingat apabila anda hanya berdiam diri saja, maka akan menimbulkan aliran darah menjadi tidak lancar.

  1. Menghindari asap rokok maupun minuman beralkohol

Ketika hamil, sebaiknya anda juga harus menghindari asap rokok dan minuman beralkohol. Seperti yang suda kita ketahui, paparan dari asap rokok sendiri ternyata menimbulkan dampak yang negative pada ibu hamil. Terutama mereka yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi.

Sering terpapar asap rokok sendiri ternyata dapat menimbulkan risiko penumpukan zat lemak didalam pembuluh darah semakin meningkat. Inilah yang nantinya akan memicu timbulnya tekanan darah tinggi lantaran pembuluh darah mengalami penyempitan.

Tekanan darah tinggi ketika hamil memang sering terjadi tetapi masalah ini tidak boleh anda sepelakan begitu saja karena dapat menimbulkan komplikasi. Demikian beberapa cara mengatasi hipertensi dalam kehamilan.