November 30, 2021
Jenis Jenis Susu yang Biasa di Konsumsi dan Kandungannya

Jenis Jenis Susu yang Biasa di Konsumsi dan Kandungannya

Susu adalah minuman sumber protein dan lemak tertinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, namun taukah anda saat ini ada banyak sekali jenis susu yang dimana dari sisi sumber, kemudian kandunganyapun juga tidak sama jadi anda bisa memilih dan memilah mana kiranya yang harus anda minum untuk kebutuhan pemenuhan gizi atau yang lainya.

Secara umum ada dua jenis susu memang yang pertama adalah susu murni dan yang kedua susu olahan.

Susu murni ini berasal langsung dari sapi tanpa ada campuran olahan bahan lain sedangan susu olahan merupakan campuran susu sapi murni dengan bahan lain seperti gula misalnya. Kemudian dibedakan juga dari sumbernya ada susu murni nabati seperti olahan dari kedelai dan juga tentu saja hewani.

Lebih detail kita akan coba bahas dalam artikel ini. Beberapa jenis susu yang biasa dikonsumsi sampai sekarang.

  1. Susu murni atau disebut juga dengan istilah Whole Milk

Susu murni ini tidak ada campuran dari bahan apapun, intinya adalah asli 100% susu murni. Dari sisi kandungan lemak susu jenis ini paling tinggi kandunganya, selain itu kandungan berupa kolestrol juga sama tingginya, dan tentu saja nutrisi dari susu murni juga sangat baik untuk kesehatan.

  1. Susu full cream

Yang kedua adalah susu full cream, dari sisi kandungan sama dengan yang murni meskipun susu ini sudah mengelami sebuah proses yang dinamakan dengan dipasteurisasi. Bedanya dengan susu murni adalah kandungan airnya lebih rendah karena sudah melalui proses pasteurisasi sebelum di minum.

  1. Susu kurang lemak

Sesuai namanya, sudah jelas susu ini dari kandungan lemak rendah hanya 2% saja sedangkan yang murni bisa sampai 3% lebih.

Karena kandungan lemak rendah maka otomatis dari sis kandungan kalori juga menjadi rendang, sampai pada kandungan vitamin dan harganya juga akan lebih murah tentu saja.

  1. Susu rendah lemak

Jenis susu yang satu ini cocok kalian konsumsi bagi yang menghindari kadar lemak berlebih di dalam tubuh. Susu rendah lemak standar kandungan lemak hanya 1% saja, kemudian sudah pasti kalori dan vitamin yang terkandung juga menyesuaikan tentunya.

  1. Susu skim

Kemudian yang ke lima ada namanya susus skim, dimana jenis susu ini dari kandungan lemak paling rendah dibandingkan dengan yang lainya. Bahkan banyak orang menyebut susu ini kandungan lemaknya sampai 0.

Karena kandungan lemak hampir tidak ada, maka tentu saja dari bentuknya sendiri akan sangat cair beda dengan susu murni yang lebih kental karena kandungan lemaknya tinggi.

  1. Susu UHT

Kemudian ada susu UHT yang kerap kali kita temukan dengan sangat mudah di alfamart, indomaret dan yang lainya. Susu UHT sudah melalui proses pemanasan yang sangat tinggi sampai dengan 135 derajat sehingga akan berpengaruh dari masa simpan yang jauh lebih lama.

Untuk kandungan sendiri hampir sama dengan susu murni. Selain itu juga masih ada lagi jenis susu hewani dari kambing, kerbau sampai susu nabati dari kacang almond kedelai dan lain sebagainya.