December 5, 2020
Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian Hak dan Kewajiban Warga Negara

Di kutip dari berbagai sumber, sebagai warga negara yang baik kita harus tahu apa saja hak yang akan kita dapatkan dari Pemerintah sehingga nantinya kita bisa berjalan dalam aturan yang benar.

Kemudian juga disisi lain harus paham apa kewajiban kita kepada Negara sehingga dua sisi ini singkron dan tercipatnya good goverenment yang semestinya menjadi nawa cita bangsa Indonesia dimasa yang akan datang.

Definisi Hak dalam konteks bernegara ini sangatlah sederhana dimana anda akan mendapatkan apa yang mutlak diberikan oleh negera sejak anda mulai lahir bahkan ketika sudah dikandungan. Ada juga pengertian hak dan kewajiban menurut para ahli yang perlu anda ketahui. Ada beberapa contoh sederhana mengenai hak Warga negara yang bisa anda perhatikan seperti dibawah ini:

Hak yang pertama adalah Berhak mendapatkan perlindungan Hukum

Selain mendapatkan perlindungan hukum juga tentu saja posisi dalam penegakan hukum setara dengan warga negara lainya tidak mengenal suku, agama, ras dan tingkat sosial.

Namun terkadang masalah hukum ini pasti ada celah ketidak adilanya yang harus tetap dibenahi demi memberikan janji negara yang pasti akan kesamaan di mata hukum.

Kemudian tidak hanya berhak mendapatkan perlindungan, kedudukan di dalam penegakan hukum juga harus sama tidak ada jurang pembeda antara semua warga negara tanpa terkecuali.

Kemudian berhak mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak

Ini juga bagian dari hak warga negarayang semestinya harus sudah selesai sejak lama, namun hak ini apabila kita lihat dari sisi kondisi sosial yang sekarang masihlah sangat jauh dari kata layak.

Warga negara yang masih hidup dibawa garis kemiskinan sangat tinggi, pekerjaan yang berat dibayar sedikit, sedangkan pekerjaan yang ringan dibayar lebih besar. Kecendrungan ini terus berlangsung dan bisa dipastikan point kedua ini belumlah sampai pada tujuan pelaksanan kewajiban negara secara tuntas.

Hak untuk ber Agama

Memeluk keyakinan dengan sadar berdasarkan keinginan sendiri sudah di atur oleh negara dengan baik.

Maka dari itu terkadang akan sering kita melihat berita para public figure pindah agama dan mereka tidak akan dikenakan sangsi hukum karena ini sudah diberikan kebebasanya oleh Negara dalam Hak warga negaranya siapa saja tanpa terkecuali.

Kemudian hak hak lainya masih banyak sekali antara lain: hak mendapatkan pendidikan yang layak, hak membela negara, dan bersrikat berkumpul.