March 7, 2021
Saatnya Untuk Mengurangi Gejala Penyakit Jantung Dengan Bersepeda

Saatnya Untuk Mengurangi Gejala Penyakit Jantung Dengan Bersepeda

Penyakit jantung memang sering diderita terutama oleh mereka yang telah lanjut usia namun ternyata banyak kasus penderita penyakit jantung yang ternyata masih muda. Salah satu cara untuk menghindari gejala penyakit jantung adalah dengan bersepeda. Bersepeda merupakan salah satu olahraga ringan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Manfaat Bersepeda Untuk Penyakit Jantung

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bersepeda dapat secara efektif mengurangi risiko gejala penyakit jantung koroner. Resiko serangan jantung yang dialami oleh mereka yang bersepeda secara rutin ternyata berkurang hingga 15%. Ini juga karena jantung ikut berlatih selama bersepeda dan juga metabolisme serta peredaran darah menjadi lebih lancar.

  1. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kolesterol merupakan salah satu faktor utama penyebab penyakit jantung dan harus diperhatikan. Ini karena kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Jika terlambat, kolesterol tinggi bisa menyebabkan gejala fatal penyakit jantung koroner.

Untungnya, olahraga aerobik (seperti bersepeda) dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh. Ini dilakukan dengan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL, juga dikenal sebagai kolesterol baik), dan fungsi utamanya adalah membersihkan kolesterol melalui hati. Akibatnya, kemungkinan kolesterol menghalangi arteri dan menyebabkan serangan jantung berkurang.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Anda harus menjaga tekanan darah pada tingkat normal yaitu tekanan darah per denyut jantung 120 mmHg (tekanan darah sistolik) dan tekanan darah rileks 80 mmHg (tekanan darah diastolik). Nah, bersepeda secara teratur sepertinya bisa membantu Anda mencapai angka tersebut karena bisa menurunkan tekanan darah Anda ke level normal.

  1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu penyebab penyakit jantung koroner bisa juga diakibatkan karena mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini karena obesitas dapat menyebabkan penumpukan lemak dan kolesterol sehingga menghambat aliran darah ke jantung dan ke seluruh tubuh. maka dari itu disarankan untuk menurunkan berat badan agar tubuh juga lebih sehat dan ideal.

Tips Turunkan Gejala Penyakit Jantung Dengan Bersepeda

Kondisi fisik setiap orang berbeda. Beberapa orang memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah, dan beberapa orang memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi. Jika Anda memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, sebaiknya tanyakan apakah bersepeda adalah aktivitas yang tepat.

Sebelum membeli sepeda, Anda perlu memperhatikan perlengkapan keselamatan seperti helm, sarung tangan, masker atau sepatu khusus sepeda. Ini akan meningkatkan keamanan Anda di jalan raya. Sepeda mahal tidak berarti cocok dengan Anda. Cari tahu tipe mana yang cocok untuk Anda duduk dan mana yang cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Salah satu pilihan lain adalah mengonsumsi Nestlé ACTICOR 2x sehari setelah makan. Nestlé ACTICOR hadir dalam 4 rasa (avocado, chocolate, green tea latte dan banana), yang semuanya mengandung inulin serat larut dari sawi putih dan β-glukan dari oat. Kedua jenis serat larut tersebut dapat membantu menurunkan kolesterol LDL sehingga menurunkan risiko gejala penyakit jantung.